Mengatasi Nyeri Saat PMS – Mengenal Lebih Jauh

Nyeri saat PMS memang sering dikeluhkan hampir semua wanita dewasa. Tidak sedikit yang belum tahu penyebab dan bagaimana cara mengatasi nya. Isi Artikel: Apa Itu PMSPenyebab PMSGejala yang DirasakanApa yang harus dilakukan saat PMS?Catat Keluhan …

Nyeri saat PMS memang sering dikeluhkan hampir semua wanita dewasa. Tidak sedikit yang belum tahu penyebab dan bagaimana cara mengatasi nya.

Apa Itu PMS

PMSĀ atauĀ Pre Menstrual Syndrome merupakan gejala yang dirasakan wanita baik secara fisik maupun emosi menjelang periode menstruasi tiba.

Memang kondisi ini kerap dianggap lebay oleh para pria. Namun demikian faktanya PMS memang merupakan kondisi yang dialami wanita dan memang dapat dijelaskan secara medis dan empiris.

Berikut ini kami bahas bagaimana menangangi PMS secara baik sehingga mengurangi gejala, baik secara fisik maupun emosional.

Penyebab PMS

Hal ini terjadi disebabkan karena naik turunnya hormon tertentu pada wanita, yaitu hormon estrogen dan progesteron.

Kedua hormon ini dapat memicu terjadinya PMS. Hal ini akan hilang jika wanita mengalami kehamilan atau telah menopause.

Selain itu, naik turunnya serotonin, yaitu zat kimia di otak yang mengatur suasana hati, juga dapat memicu terjadinya PMS.

Gejala yang Dirasakan

Gejala PMS umunya muncul pada hari ke-14 dan berlangsung hingga 7 hari setelah dimulainya menstruasi. Gejala PMS biasanya ringan atau sedang.

Hampir 4 dari 5 wanita merasakan satu atau lebih gejala yang tidak memengaruhi aktivitas sehari-hari, menurut jurnal American Family Physician.

Sekitar 20 hingga 32 persen wanita melaporkan gejala sedang sampai berat. Tingkat keparahan gejala dapat bervariasi tergantung individu setiap orang, tapi gejala PMS umumnya meliputi:

  • Nyeri perut bawah
  • Sakit kepala
  • Nyeri payudara
  • Jerawat
  • Kepekaan terhadap cahaya atau suara
  • Cepat lelah
  • Mudah marah
  • Tidak bisa mengontrol emosi
  • Gelisah
  • Perubahan pola tidur

Apa yang harus dilakukan saat PMS?

Catat Keluhan dan Gejala

Menuliskan semua gejala dan keluhan yang sering muncul dapat membantu anda menganalisa apa saja yang sering dirasakan.

Catat apa saja yang dirasakan sepanjang bulan. Meliputi mood dan perasaan anda sehari-hari selama masa menjelang menstruasi.

Ini penting untuk kemudian hari anda menelusuri dan lebih mengenal berbagai gejala yang muncul, dan melakukan upaya apa saja untuk mengatasi nya.

Mengatasi Gejala

Banyak gejala PMS dapat dengan mudah dikendalikan menggunakan pengobatan alami. Menggunakan obat-obatan tertentu memang disarankan. Namun ada baiknya, sebelum mengkonsumsi nya, konsultasikan dulu sama dokter.

Konsumsi vitamin dan mineral

Studi menunjukkan bahwa kekurangan berbagai nutrisi dapat meningkatkan gejala PMS. Ini termasuk magnesium, kalsium, vitamin D, vitamin B, zat besi dan seng. Dalam sebuah penelitian, terungkap bahwa 50-80% wanita dengan PMS kekurangan magnesium.

Menurunkan berat badan berlebih

Beberapa ilmuwan telah menemukan bahwa semakin Anda kelebihan berat badan, semakin besar kemungkinan Anda menderita PMS.

Bersantai

Stres juga berimplikasi pada PMS. Anda lebih mungkin mengalami PMS yang lebih buruk saat Anda stres daripada saat Anda santai. Cobalah untuk sedikit relax dan mencari suatu aktivitas yang membuat anda bahagia.

Bergerak

Olahraga dapat mengangkat suasana hati Anda karena membantu meningkatkan rasa nyaman bahan kimia di otak yang dikenal sebagai Endorfin. Tingkat endorfin yang rendah juga telah terlibat dalam PMS.

Camilan

Menurut peneliti, tubuh Anda membutuhkan 500 kalori ekstra per hari menjelang menstruasi karena saat itulah kadar zat besi Anda berada pada titik terendah. Pada hari-hari itu, nikmati camilan sehat di pagi dan sore hari.

Gunakan minyak esensial

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam gammalinolenat (GLA) membantu mengurangi gejala PMS seperti lekas marah, kram perut, dan nyeri payudara. Anda dapat menemukannya di minyak evening primrose, minyak bunga bintang dan minyak blackcurrant.

Ambil herbal

Tanaman yang disebut kaktus agnus populer dalam pengobatan PMS. Penelitian menunjukkan itu dapat memperbaiki gejala hingga lebih dari 50 persen. St John’s Wort juga dapat membantu, tetapi dapat mengurangi efektivitas pil kontrasepsi.

Kurangi Konsumsi Makanan Ini:

Garam, gula, kopi dan alkohol semuanya telah dikaitkan dengan gejala PMS. Garam menyebabkan kembung, alkohol dapat memperburuk suasana hati Anda, kafein dapat meningkatkan nyeri payudara dan gula memperburuk keinginan makan.

Leave a Comment